SULSELLIMA.Com | Aktual - Objektif - Berimbang Meriahkan HUT ke-79 RI, Pemkab Sinjai Gelar Karnaval Budaya 61 Kelompok Ikuti Sinjai Culture Carnival - SULSELLIMA.COM

Meriahkan HUT ke-79 RI, Pemkab Sinjai Gelar Karnaval Budaya 61 Kelompok Ikuti Sinjai Culture Carnival

SINJAI, SULSELLIMA.COM - Pemerintah Kabupaten Sinjai melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan menyelenggarakan acara kebudayaan tahunan bertajuk Sinjai Culture Carnival (SCC) pada Senin (12/08/2024). Karnaval ini diikuti oleh 61 kelompok peserta yang terdiri dari pelajar berbagai tingkatan, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Sinjai, instansi vertikal, dan berbagai organisasi lainnya.


Peserta karnaval mengikuti rute yang dimulai dari Jalan Arif Rahman Hakim, melintasi Jalan Bhayangkara, dan berakhir di Jalan Persatuan Raya, tepatnya di panggung utama SCC di depan Rumah Jabatan Bupati Sinjai.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sinjai, Tamzil Binawan, menyatakan bahwa SCC merupakan bagian dari upaya berkelanjutan dalam mengembangkan kebudayaan dan pariwisata di Kabupaten Sinjai. Dengan tema "Sinjai Berbudaya Pariwisata Berjaya", acara ini bertujuan untuk memperkuat identitas budaya lokal sekaligus mempromosikan pariwisata daerah.

"Alhamdulillah, kegiatan ini berjalan dengan sukses dan lancar. Sebanyak 61 peserta tercatat ikut serta. Kami berharap SCC, yang sudah masuk dalam kalender event pariwisata provinsi, bisa masuk juga dalam kalender event nasional," ujar Tamzil.

Acara tahun ini mengusung subtema Perjanjian Topekkong, di mana para peserta menampilkan kostum yang mencerminkan ciri khas dan nilai historis perjanjian tersebut dalam kehidupan sosial masyarakat.

Penjabat (Pj) Bupati Sinjai, T.R. Fahsul Falah, turut menyaksikan ajang tersebut melalui sambungan virtual. Fahsul berharap, SCC yang digelar di tengah peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 ini dapat meningkatkan semangat nasionalisme di kalangan masyarakat.

"Kabupaten Sinjai memiliki kekayaan budaya yang harus dijaga dan dilestarikan. SCC ini menunjukkan bahwa Sinjai memiliki potensi besar di sektor pariwisata dan kebudayaan. Acara ini diharapkan dapat mengedukasi masyarakat untuk lebih mencintai budayanya," kata Fahsul.

Selain Pj Bupati, acara ini juga disaksikan oleh Sekda Sinjai Andi Jefrianto Asapa, Pj Ketua Tim Penggerak PKK Sinjai Cut Resmiati, Ketua DWP Sinjai Rini A. Jefrianto, serta para pimpinan Forkopimda.***

Tags :

bm
Redaksi by: sulselLima.com

Pemasangan Iklan/ Kerjasama/ Penawaran Event; Proposal dapat dikirim ke Email : sulsellima@gmail.com