SULSELLIMA.Com | Aktual - Objektif - Berimbang Sekretariat DPRD Selayar Siapkan Anggaran Rp 1,045 Miliar untuk Pelantikan Anggota Baru - SULSELLIMA.COM

Sekretariat DPRD Selayar Siapkan Anggaran Rp 1,045 Miliar untuk Pelantikan Anggota Baru

Foto : Kantor DPRD Kepulauan Selayar
SELAYAR, SULSELLIMA.COM - ES ESSekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Selayar menyiapkan anggaran sebesar Rp 1.045.750.000 untuk pelantikan 25 anggota DPRD terpilih periode 2024-2029 hasil Pemilihan Legislatif 2024. Anggaran tersebut dikhususkan untuk pengadaan seragam dan pin emas bagi para wakil rakyat.


"Total untuk seragam Rp 343.750.000, sedangkan pin sebesar Rp 702.000.000," ujar Kepala Bagian Umum dan Keuangan Sekretariat DPRD (Setwan) Selayar, Dian Ady Luhur, seperti yang dilansir dari detikSulsel.com.

Dian mengungkapkan bahwa pihaknya masih berkoordinasi dengan KPU Selayar terkait jadwal pelantikan. Sementara itu, persiapan pelantikan termasuk pakaian dan pin sedang dilakukan.

"Terkait persiapan baju dan pin, kami belanja berdasarkan e-Katalog," jelasnya.

Sebanyak 25 anggota DPRD Selayar terpilih dari hasil Pileg 2024 akan mendapat empat jenis seragam, yakni pakaian dinas harian (PDH), pakaian sipil harian (PSH), pakaian sipil lengkap (PSL), dan pakaian sipil resmi (PSR).

Dian merinci nilai dari masing-masing seragam tersebut: PDH Rp 1.650.000 per orang, PSH Rp 2.300.000 per orang, PSL Rp 5.000.000 per orang, dan PSR Rp 2.500.000 per orang. Khusus PSH, setiap legislator akan mendapatkan dua set.

Setiap legislator juga akan mendapatkan dua pin emas, masing-masing seberat 5 gram dan 10 gram, dengan berat total 375 gram. Harga per gramnya bernilai Rp 1.800.000, namun harga tersebut dapat berubah sesuai pergerakan harga emas nantinya.

"Nilai Rp 1.800.000 itu bukan harga yang harus digunakan, tapi hanya tercantum di Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA). Nanti akan menyesuaikan dengan harga di e-Katalog atau pasar emas," terangnya.

Dian menambahkan bahwa Setwan Selayar perlu menghitung anggaran pelantikan dengan cermat karena adanya agenda pesta demokrasi tahun ini yang membuat beberapa pos anggaran harus dipangkas.

"Keterbatasan anggaran untuk membiayai pesta demokrasi menjadi tantangan. Jika ada yang berpikir bahwa anggaran pelantikan ini berlimpah, sebenarnya sangat berbanding terbalik dengan kondisi yang ada sekarang," ujarnya.

Sekretaris DPRD Kabupaten Kepulauan Selayar, Masjdar J Pratama, dikonfirmasi bahwa pelantikan dijadwalkan pada minggu ketiga Agustus.

"Insha Allah dijadwalkan di minggu ketiga Agustus, untuk penentuan tanggalnya nanti setelah kami konfirmasi ketua pengadilan negeri," ungkapnya.***

Tags :

bm
Redaksi by: sulselLima.com

Pemasangan Iklan/ Kerjasama/ Penawaran Event; Proposal dapat dikirim ke Email : sulsellima@gmail.com