SULSELLIMA.Com | Aktual - Objektif - Berimbang Car Free Day Kembali Digelar di Bulukumba, Dipusatkan di Kawasan Pantai Merpati - SULSELLIMA.COM

Car Free Day Kembali Digelar di Bulukumba, Dipusatkan di Kawasan Pantai Merpati

BULUKUMBA, SULSELLIMA.COM - Setelah vakum selama pandemi Covid-19, Car Free Day (CFD) atau Hari Bebas Kendaraan Bermotor akan kembali digelar di Kabupaten Bulukumba. Acara ini dijadwalkan berlangsung pada Minggu, 8 September 2024, di Kawasan Pantai Merpati, menggantikan lokasi sebelumnya di seputaran Lapangan Pemuda.


Misbawati A. Wawo, Ketua Ikatan Alumni Universitas Hasanuddin (IKA Unhas) Bulukumba sekaligus penyelenggara acara bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Bulukumba, mengumumkan perubahan lokasi ini. Mantan Pj Sekda Bulukumba tersebut menjelaskan bahwa sebelum CFD kembali digelar, pihaknya terlebih dahulu mendorong perubahan Peraturan Bupati tentang Hari Bebas Kendaraan Bermotor yang semula menetapkan lokasi di Lapangan Pemuda.

"Insya Allah, Car Free Day akan kita launching kembali di Pantai Merpati yang kini menjadi ruang publik baru yang ramai dikunjungi warga," ungkap Misbawati, Jumat, 6 September 2024.

Rangkaian Kegiatan CFD

CFD di Pantai Merpati nanti akan menampilkan berbagai aktivitas seperti senam bersama, pemeriksaan kesehatan, serta penawaran kuliner sehat dari pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Selain itu, Bulog bersama dengan kelompok tani dampingan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan juga akan mengadakan pasar murah bahan pokok.

"Kegiatan CFD ini akan dimulai pada pukul 06.00 hingga pukul 10.00 pagi dan terbuka untuk umum," jelas Misbawati, seraya mengajak warga Bulukumba, khususnya yang berada di kota, untuk meramaikan CFD setiap minggunya.

CFD diharapkan dapat menjadi ajang rutin yang digelar setiap hari Minggu dan akan terus dikembangkan dengan berbagai kegiatan yang bermanfaat. Tujuannya tidak hanya menciptakan ruang publik yang bebas dari polusi kendaraan bermotor, tetapi juga untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan serta mendorong partisipasi dalam kegiatan olahraga dan aktivitas sehat lainnya.

Dampak Ekonomi dan Sosial

Dengan pelaksanaan CFD yang konsisten, Misbawati berharap dapat turut mendorong pertumbuhan ekonomi bagi pelaku usaha kuliner dan UMKM di Bulukumba. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat mempererat hubungan antarwarga Kabupaten Bulukumba.

"Yang paling penting, kegiatan CFD di Minggu pagi ini diharapkan dapat mempererat hubungan antara warga," pungkasnya.

Dengan CFD yang kembali hadir, masyarakat Bulukumba memiliki kesempatan untuk menikmati akhir pekan yang sehat dan aktif, sambil berkontribusi pada lingkungan yang lebih bersih dan sehat.***

Tags :

bm
Redaksi by: sulselLima.com

Pemasangan Iklan/ Kerjasama/ Penawaran Event; Proposal dapat dikirim ke Email : sulsellima@gmail.com