SULSELLIMA.Com | Aktual - Objektif - Berimbang Festival Pinisi 2024, Ritual Adat Kajang hingga Pelayaran Kapal ke Pantai Merpati - SULSELLIMA.COM

Festival Pinisi 2024, Ritual Adat Kajang hingga Pelayaran Kapal ke Pantai Merpati

BULUKUMBA, SULSELLIMA.COM - Warisan Dunia Takbenda dari Bulukumba Sulawesi Selatan, kapal Pinisi, akan berlayar di sekitar Pantai Merpati Minggu sore, 8 September 2024.


Penumpang akan mendapat presentase tentang kapal Pinisi selama perjalanan singkat tersebut.

Mereka tak lupa akan disuguhkan jamuan khas daerah Bulukumba sebelum bersandar di Pantai Merpati menjelang magrib. 

Pelayaran Pinisi ini adalah prosesi singkat dalam rangkaian Festival Pinisi XIV 2024.

Festival Pinisi akan digelar selama tiga hari, mulai 6 hingga 8 September 2024, dengan tiga lokasi utama.

Pembukaan dan penutupan digelar di Pantai Merpati, Kecamatan Ujungbulu, ritual adat di kawasan Ammatoa Kajang, dan aktivitas pembuatan kapal di kawasan pembuatan kapal Pinisi Bontobahari.

Acara KEN 2024 dimulai dengan booth tour pada Jumat sore, 6 September 2024, yang memperkenalkan berbagai booth di venue acara. Setelah itu, akan ada sesi penampilan band lokal hingga pukul 17.00 WITA.

Pembukaan resmi akan dilakukan pada pukul 20.00 WITA dengan meletakkan Pinisi mini ke dalam wadah berisi air secara bersama-sama, termasuk oleh Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf.

Hiburan pembukaan akan dimeriahkan artis dangdut berbakat alumni Dangdut Academy Indosiar, Waode Afira.

"Pembukaannya pada Jumat malam akan ada hiburan oleh artis dangdut asal Bulukumba, Waode Afira," papar Kabid Humas Kominfo Bulukumba, Andi Ayatullah Ahmad, Kamis 5 September 2024.

Pada Sabtu, 7 September 2024, Festival Pinisi berlanjut di kawasan adat Ammatoa Kajang.  Dimulai dengan prosesi penerimaan tamu adat Kajang dan dilanjutkan dengan ritual adingingi, yang berarti "mendinginkan dunia/bumi," pada pukul 08.00 WITA hingga selesai. 

Selanjutnya, pada sore harinya, diisi dengan prosesi budaya di kawasan pembuatan perahu Pinisi Tana Beru Kecamatab Bonto Bahari, seperti prosesi Songkabala ri bantilang, Ammosi, dan Annyorong Lopi.

Pada hari yang sama, di Pantai Merpati akan digelar seleksi hingga pengumuman juara duta wisata dari sore hingga malam. 

Pada Minggu, 8 September 2024, akan diadakan lomba mewarnai, dan pelayaran pinisi (Pinisi Sailing) ke Pantai Merpati pada sore harinya. 

Selain itu, akan ada aksi parade budaya oleh masyarakat dengan pakaian hitam khas Kajang yang berjalan santai dari Lapangan Pemuda menuju Pantai Merpati pada pukul 15.00 WITA.

Puncak Festival Pinisi XIV akan digelar pada malam harinya dengan pemutaran video sejarah kapal pinisi (milestone), dan sambutan Bupati Bulukumba, pejabat gubernur, serta perwakilan Menteri Pariwisata. 

Festival Pinisi 2024 akan ditutup dengan Fashion Show dan aksi panggung dari artis Ridwan Sau pada pukul 22.40 WITA hingga selesai.

"Mari bersama-sama memeriahkan berbagai rangkaian Festival Pinisi, yang merupakan agenda nasional Kharisma Event Nusantara (KEN) 2024," ajak Andi Ullah, sapaannya.(*)

Tags :

bm
Redaksi by: sulselLima.com

Pemasangan Iklan/ Kerjasama/ Penawaran Event; Proposal dapat dikirim ke Email : sulsellima@gmail.com