SULSELLIMA.Com | Aktual - Objektif - Berimbang Hadiri Anrang Expo, Bupati Andi Utta: Luar Biasa Meriah - SULSELLIMA.COM

Hadiri Anrang Expo, Bupati Andi Utta: Luar Biasa Meriah

BULUKUMBA, SULSELLIMA.COM - Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf menghadiri undangan panitia pelaksana Anrang Expo, Senin malam, 2 September 2024. Bupati yang akrab disapa Andi Utta, mengakui kemeriahan kegiatan.


Ia menilai kemeriahan itu karena antusiasme masyarakat desa Anrang, khususnya anak-anak muda yang tergabung dalam Karang Taruna Bina Bangsa sebagai pelopor Anrang Expo.

"Terus terang, saya pertama kali melihat ada agenda di desa semeriah ini, dengan memamerkan produk lokal dan karya anak-anak muda. Ini luar biasa," ujar Andi Utta dalam sambutannya, disambut tepuk tangan riuh.

Sebelum didaulat memberi sambutan, Bupati Andi Utta terlebih dahulu diminta untuk meninjau sejumlah tenan UMKM di lokasi. Tenan yang diisi oleh produk lokal UMKM dan karya seni anak-anak muda dan siswa-siswi yang ada di desa Anrang.

"Produk lokal sangat bagus. Kemasan sudah lumayan cantik, mudah-mudahan kualitasnya juga bisa dijaga," jelasnya.

Andi Utta menyebut, untuk mengembangkan UMKM tersebut, ada berbagai tantangan yang dihadapi. Ia meminta agar pelaku-pelaku UMKM tak perlu takut jika produknya berkualitas, sembari menjaga kontinyuitas produksinya.

"Kalau kuantitas sedikit, maka lokal market saja berat. Makanya penting menjaga kuantitas agar bisa bersaing," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Desa Anrang Ismail mengaku bangga dengan peran organisasi Karang Taruna Bina Bangsa. Kepala desa dua periode ini, menjelaskan Karang Taruna itu, berperan penting dalam kemajuan desa Anrang.

"Terus terang Desa Anrang tak ada apa-apanya tanpa dukungan dari Karang Taruna. Sudah dua kali dilaksanakan kegiatan seperti ini, dan itu semua lahir dari inisiatif Karang Taruna," ungkap Ismail.

Ismail menyinggung program ketahanan pangan yang ada di desa Anrang. Ia menuturkan tahun 2023 lalu, pengadaan pangan berupa 1.000 pohon lengkeng, di mana ada percontohan sekira satu hektar.

"Tahun 2024 ketahanan pangan dengan pengadaan ikan lele. Sekarang ikannya sudah besar dan sudah bisa panen," jelasnya.

Abdul Haris Mubarak ikut berbicara dalam kapasitasnya sebagai perwakilan Karang Taruna Bina Bangsa. Ia mengungkapkan Karang Taruna Bina Bangsa, telah melakukan berbagai program inovatif.

"Saya katakan, karang taruna berpikir jangka panjang. Karang taruna sudah pernah membuat program Gerakan Sehari Menanam," ujarnya. 

Selanjutnya kata dia, ada gagasan tentang kampung buah, di mana di Desa Anrang juga dikenal sebagai salah satu desa dengan populasi buah yang banyak, seperti durian, langsat dan lainnya.

"Kemudian ada wisata ramah lingkungan yang tersedia tempat membaca dan sebagainya. Kami harap semoga ke depan kita terus kompak memperlihatkan karya-karya nyata dalam menjaga eksistensi karang taruna," terangnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini, anggota DPRD Bulukumba, Nurlina dan Plt Camat Rilau Ale, Asdar A. Bennu yang juga menjabat Kadis Kominfo Bulukumba.***

Tags :

bm
Redaksi by: sulselLima.com

Pemasangan Iklan/ Kerjasama/ Penawaran Event; Proposal dapat dikirim ke Email : sulsellima@gmail.com