SULSELLIMA.Com | Aktual - Objektif - Berimbang Pemkab Bulukumba Tingkatkan Pengawasan di Gedung Pinisi Pasca Kebakaran - SULSELLIMA.COM

Pemkab Bulukumba Tingkatkan Pengawasan di Gedung Pinisi Pasca Kebakaran

BULUKUMBA, SULSELLIMA.COM - Pemerintah Kabupaten Bulukumba mengambil langkah tegas untuk meningkatkan pengawasan di puncak Gedung Pinisi setelah insiden kebakaran kecil yang terjadi di lambung kapal yang menjadi ikon gedung tersebut.


Kepala Bidang Humas Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Bulukumba, Andi Ayatullah Ahmad, menyatakan bahwa pengelola Gedung Pinisi akan memperketat pengawasan sebagai langkah antisipasi dini. 

"Pengelola Gedung Pinisi akan memaksimalkan pengawasan. Ini sebagai langkah antisipasi dini," ujarnya.

Andi Ayatullah, yang akrab disapa Andi Ullah, menjelaskan bahwa bagian lambung kapal Pinisi yang terbakar sebagian besar terbuat dari kayu berkualitas tinggi. 

"Yang terbakar adalah bagian lambung depan kapal. Untungnya, kayunya berkualitas sehingga api tidak cepat menjalar," ungkapnya.

Meskipun demikian, penyebab pasti kebakaran masih belum bisa disimpulkan.

 "Belum dapat juga kita simpulkan apa penyebabnya. Rencana akan dilaporkan ke pihak kepolisian untuk penyelidikan lebih lanjut," tambahnya.

Sebagai tindakan pencegahan lebih lanjut, akses menuju puncak gedung tempat kapal Pinisi berdiri akan ditutup sementara bagi pengunjung. Meski mengalami kebakaran, Andi Ayatullah menegaskan bahwa kejadian tersebut tidak merusak struktur keseluruhan kapal. Bagian yang dilalap api adalah lambung depan dan lantai depan kapal, namun penampakan kapal dari luar masih terlihat utuh, dengan hanya beberapa titik gosong akibat efek terbakar dari bagian dalam lambung depan.

Untuk mencegah kejadian serupa di masa depan, pengelola Gedung Pinisi juga akan melarang pengunjung merokok di atas kapal Pinisi. 

"Kami mengimbau masyarakat agar tidak merokok di atas kapal. Mari kita bersama-sama menjaga ikon daerah ini," harap Andi Ayatullah.

Diketahui sebelumnya, kapal Pinisi yang berdiri megah di atas Gedung Pinisi terbakar pada Selasa, 3 September sekitar pukul 01.00 WITA dini hari. Namun, berkat kesigapan warga, aparat Satpol PP, dan Damkar, kobaran api berhasil cepat dipadamkan.***

Tags :

bm
Redaksi by: sulselLima.com

Pemasangan Iklan/ Kerjasama/ Penawaran Event; Proposal dapat dikirim ke Email : sulsellima@gmail.com